Entri Populer

Selasa, 30 November 2010

Sungai Terbesar Dunia Ada Di Bawah Laut Hitam


Sungai di bawah laut hitam (Dailymail)
TEMPO Interaktif, London - Ilmuwan Inggris menemukan sungai terbesar keenam di dunia di bawah Laut Hitam. Sungai itu terletak di kedalaman 115 kaki dengan lebar setengah mil.

Sungai itu ditemukan tim peneliti dari Universitas Leeds dengan menggunakan kapal selam robot untuk memindai dasar laut dekat Turki.Berdasarkan alirannya, jika diukur sebagaimana sungai yang ada di daratan, para ilmuwan memperkirakan sungai ini merupakan sungai ke enam terbesar di dunia. Aliran sungai itu membawa sedimen dan air yang sangat asin.

Sedimen dan tingginya kadar garam membuat aliran sungai itu terlihat seperti saluran yang dalam. Sungai ini adalah satu-satunya sungai bawah laut yang aktif dan terhubung dari Mediterania ke Laut Hitam melalui Selat Bosphorus.

Ketua tim peneliti dr Dan Parson mengatakan air yang mengalir pada sungai bawah laut memiliki "kepadatan" aliran yang lebih tinggi karena membawa begitu banyak sedimen.

Ariran sungai yang belum diberi nama ini lebih besar 350 kali ketimbang aliran Sungai Thames di Inggris dan memi- memiliki saluran, jeram dan air terjun. Jumlah air asin yang mengalir pada sungai bawah laut itu sekitar 22 ribu meter kubik atau 10 kali lebih besar dari sungai terbesar Eropa, Rhine.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar