Entri Populer

Kamis, 02 Desember 2010

Misteri Leviathan !!


Tunggu, sebenernya pada tau ga sih leviathan itu apa? Mungkin ada yang sudah tahu, tapi mungkin juga belum. Buat yang belum tau kukasih tau deh..

Konon leviathan adalah monster penguasa lautan, saking asoynya, leviathan sampai muncul di dalam injil. Leviathan digambarkan berbentuk paus raksasa, kadang ular laut. Dia juga terkenal akan kebuasannya, ada yang bilang kalo leviathan bisa makan selusin kapal dengan sekali telan.

File:Lev-Beh-Ziz.jpg
leviathan, behemoth dan ziz

Nah, sekarang uda agak kebayang kan leviathan itu apa, emang sih, leviathan itu lebih menjurus ke legenda dibandingin cryptoid, tapi bukannya legenda sering mengacu sama kejadian nyata?

Hoho, dan kayanya emang leviathan berasal dari kisah nyata deh..

Baru-baru ini peneliti menemukan fosil dari paus yang gede banget, seperti yang dituliskan di ' journal nature'
para peneliti menamakan fosil berumur 12 juta tahun ini leviathan, panjangnya lebih dari 17 meter, diliat dari keadaan fosilnya yang ga komplit, para peneliti menyimpulkan kalo makhluk ini mati dalam pertempuran melawan predator lainnya.

Dari fosilnya, 'leviathan' memiliki bentuk yang sama dengan paus sperma, bedanya tentu aja, leviathan lebih gede.. Liat deh gambarnya..

http://brianlean.files.wordpress.com/2007/11/spermwhale.jpg

Tapi kemiripan antara paus sperma sama leviathan cuma di bentuknya aja, kalo paus sperma cenderung pasif, leviathan jauh lebih agresif.

Menurut Dr Christian de Muizon, direktur dari natural history museum, prancis. Leviathan memburu makhluk laut yang berukuran besar untuk dimakan, mulai dari lumba-lumba, hiu, maupun sesama leviathan.

Peneliti juga yakin kalo leviathan bisa memburu mangsa berukuran 8 meter atau lebih, walopun ada hiu berukuran 15 meter, leviathan masih bisa ngalahin hiu itu, rahasianya ada di struktur tulang rahangnya.

Kalo Readers jeli ngeliat gambar paus sperma diatas, pasti bakalan tau kalo giginya cuma ada di bagian bawah. Nah, kalo leviathan punya gigi yang kuat di rahang atas dan bawahnya. Diameter dan panjang giginya juga 2 kalinya paus sperma modern. Mantep..

Dr. Lambert, peneliti asal peru, yakin kalo leviathan yang legendaris adalah asli, dan fosil ini adalah buktinya. Tapi sampe sekarang mereka belum tau apa yang ngebikin paus kuno ini punah, teori yang muncul beragam, dari berubahnya habitat, sampe langkanya makanan dari leviathan.



Makhluk ini kini dinamai leviathan melvillei, 'melville' nya diambil dari pencipta novel moby dick, Herman Melville.


Maaf jika ada bahasa yang tidak sopan karena saya mengambil ini langsung copy-paste  tanpa pandang bulu !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar